Multitasking dalam Belajar

Multitasking dalam Belajar


Siapa nih yang nggak asing dengan kata multitasking?
Bagi yang belum tau nih,
Multitasking adalah cara seseorang mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu

Bisa dibayangkan? Bahwa multitasking adalah mengerjakan tugas lebih dari satu sekaligus dalam waktu yang bersamaan.  Bisa nggak tuh?

Bisa kok. Beberapa tugas dapat diselesaikan dalam satu waktu, namun sayangnya hal ini bisa berdampak negatif buat kita nih. Karena pada dasarnya otak kita tidak bisa fokus pada dua hal sekaligus dalam satu waktu.

Lalu kita harus bagaimana? Apa perlu lanjut untuk multitasking atau justru fokus pada satu hal dengan singletasking?

Sebaiknya singletasking aja ya. Karena sudah dijelaskan bahwa otak kita tidak dapat berfokus pada banyak hal sekaligus. Kemudian, jika kita dihadapkan dengan banyak hal sekaligus, yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Goal Shifting : Memilih hal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu
  2. Role Activation : Bagaimana cara menyusun tahap-tahap dalam menjalankan hal tersebut
Jadi, semisal kita dihadapkan dengan dua tugas besar, kita perlu memperhatikan terlebih dahulu hal mana yang lebih penting. Kita bisa menggunakan skala prioritas dalam menyusun hal-hal penting ini. Kemudian barulah kita menyusun strategi dalam melaksanakan tugas besar tersebut.

Kesimpulannya, Multitasking adalah mitos!
Justru dengan membiasakan diri untuk multitasking akan membuat otak kita bekerja keras dalam waktu yang sama untuk banyak hal. Akibatnya tentu akan berpengaruh pada performa kognitif dan kondisi mental kita.

Terlebih ketika belajar, alangkah lebih baiknya jika kita terfokus pada satu hal agar hasilnya dapat optimal. Salah satunya dengan ditunjang fasilitas belajar seperti pembimbing, suasana belajar yang nyaman, dan juga piranti belajar yang memadai.

Lalu dimana kita dapat mendapatkan fasilitas tersebut? Tentu kita bisa menciptakannya sendiri dengan bantuan Bimbel AIO Privat Semarang!

Yuk tunggu apalagi?
Untuk info lebih lanjut hubungi :


-CR