Apa itu Burnout?

Apa itu Burnout?



Setelah menjalani pembelajaran daring selama hampir sembilan bulan penuh, apakah pola belajar seperti ini sudah membuat kita terbiasa?

Mungkin, bagi sebagian besar dari kita merasa jenuh dengan kebiasaan belajar baru selama beberapa bulan terakhir. Kejenuhan yang timbul akan berangsur membuat produktivitas menurun secara step by step. Of course, bakal bahaya banget kalo kejenuhan ini terus melanda kita karena secara berangsur dan secara tidak sadar kita akan memiliki kebiasaan baru yang tidak membawa dampak positif bagi diri sendiri.

Ada lagi nih istiah lain dari jenuh, namun muatannya lebih berat. Namanya Burnout.

Mengutip dari Wikipedia, Burnout merupakan istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang.

Jadi, burnout bukan sekedar jenuh yang sekedar capek ya. Burnout bisa terjadi karena kamu kewalahan dengan tuntutan tugas-tugas yang sedang kamu hadapi. Misal, karena terlalu lama belahar daring bikin kamu jenuh.

Eits, tapi jangan langsung melakukan self-diagnosed bahwa kamu burnout!

Yuk simak tanda-tandanya dulu

Pertama, kamu merasa kelelahan baik secara fisik maupun emosinal. Bisa saja kamu kelelahan dan menimbulkan sakit kepala, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Gejala kelelahan emosional juga bisa saja muncul karena kamu sedang berada di fase lelah maupun tertekan.

Kedua, barangkali orang-orang di sekitarmu merasa bahwa kamu menjadi lebih sensitif. Entah itu berupa perilaku menunda, mudah marah, tidak bersemangat, dan lain sebagainya.

Ketiga, produktivitas menurun secara bertahap dan signifikan.

Setelah tau tanda-tandanya, terus gimana nih caranya say good bye sama kejenuhan atau burnout ini?

How to deal with burnout? 

Beberapa cara yang bisa kamu coba adalah :

  • Cari dukungan dari lingkungan sekitar
  • Menjalani rutinitas dengan mindful
  • Memilah tuntutan tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu
  • Mencoba berpikir lebih positif dan rasional
  • Jangan lupa berlibur sejenak
  • Cari teman atau partner belajar baru
Kejenuhan ini harus segera disingkirkan ya, karena jika berkelanjutan akan benar-benar mengganggu rutinitasmu. Apalagi jika ini menyangkut soal belajar atau pekerjaan.

Buat kamu yang merasa jenuh dengan kegiatan belajar selama sekolah daring, jangan mau kalah sama kejenuhan! Kebiasaan mageran dan jenuh selama sekolah daring bisa dibasmi kok.

Gimana ya caranya?
Yuk mulai buat kebiasaan baru.
Mulai membangun kebiasaan belajar yang baru dan tentunya lebih menyenangkan. Jika kamu menjalani sesuatu dengan senang hati, soal hasil tidak perlu diragukan lagi.
Tapi terkadang jenuh saat belajar timbul karena kita tidak memiliki partner belajar.
Cari partner sekaligus pembimbing bisa bantu kamu atasi masalah belajar loh.
Demi memudahkan kamu dalam belajar daring, Bimbel AIO Privat siap memfasilitasi loh.
Belajar dengan didampingi tentor dari Bimbel AIO Privat Semarang akan semakin membantu kamu meraih goals belajar loh. 
Tunggu apa lagi?
Untuk info mengenai pendaftara hubungi : https://wa.me/62816853042


-CR