SMART Goals : Cara Menggapai Impianmu di Tahun 2021

SMART Goals : Cara Menggapai Impianmu di Tahun 2021



Halo Sobat Bimbel Semarang AIO!


Kalau ditanya "Apa targetmu di tahun 2021?" , kamu mau jawab apa? 


Bimbel Semarang AIO percaya pasti tiap-tiap dari kalian mempunyai target atau impian yang ingin dicapai. Di era seperti sekarang ada suatu metode yang dapat mempermudah kamu dalam menetapkan target, rencana dan tujuan yaitu metode SMART Goals.


SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Metode ini muncul pertama kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran. Saat ini, metode SMART banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk merealisasikan target-target mereka. Sobat Bimbel Semarang AIO juga bisa menerapkannya lho!


Jadi, bagaimana sih tahapan-tahapan dalam menyusun SMART Goals, Sobat Bimbel Semarang AIO?


  • Specific (Spesifik/Khusus)

Saat kamu memiliki target ataupun rencana kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. Seperti contohnya:

Target Umum : Saya harus lulus UTBK di tahun 2021

Target Spesifik : Saya harus mempersiapkan UTBK selama liburan semester ini

Baca Juga : Informasi Penting! Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021

  • Measurable (Terukur)

Apabila kamu sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah kamu buat. Apakah kita bisa melihat kita semakin dekat dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada. Goal / tujuan harus bisa diukur untuk memperlihatkan progress ke tujuan yang akan dicapai

Contoh : Saya mempunyai target untuk lulus UTBK 2021, maka saya harus memperkirakan berapa materi yang harus kamu pelajari dalam jangka waktu sekian.

  • Achievable (Dapat Tercapai)

Pada poin ini kamu juga perlu mengetahui bahwa target yang telah kamu tentukan tersebut dapat dicapai (Achievable) artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit.

Contoh: Saya mau kuliah Di Oxford, tapi bahasa Inggris saya nol.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris itu Menyenangkan lho!

Dengan adanya Achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.

  • Relevant (Sesuai)

Saat kamu membuat target kamu perlu memilih target yang relevan artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan memiliki  dampak terhadap yang lainnya.

Contoh : kamu ingin lulus UTBK di tahun 2021 tapi kamu kesulitan untuk belajar sendirian, artinya kamu perlu cari tentor untuk membimbing belajarmu.

  • Timebound (Batas Waktu)

Jika kamu memiliki tujuan tentunya kamu harus menetapkan batas waktu dalam mencapai tujuan/goal milikmu itu. Batas waktu ini yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat mempersiapkan

Yuk! Terapkan SMART goals belajarmu bersama Bimbel Semarang AIO! Hubungi  https://wa.me/62816853042