Bimbel Semarang | Soft Skills yang Wajib Dimiliki Sejak SMA

Bimbel Semarang | Soft Skills yang Wajib Dimiliki Sejak SMA

 


Halo Sobat Bimbel Semarang AIO!

Ngomongin tentang soft skill dan hard skill, sobat Bimbel Semarang AIO  tentu pernah dengar dong dua istilah tersebut? Selama kita sekolah, kita akan banyak mendapatkan kemampuan seperti ilmu dan pengetahuan suatu bidang, kefasihan bahasa asing, dan lain sebagainya. Nah, itulah yang disebut hard skill. Hard skill adalah kemampuan yang bisa didapatkan dengan cara dipelajari dan dilatih, serta dapat diukur. Secara umum, hard skill bisa kamu dapatkan dan pelajari di sekolah, melalui buku atau pelatihan, serta pengalaman.

Lalu, bagaimana dengan soft skill? Berbeda dengan hard skill, soft skill adalah kemampuan yang lebih sulit untuk diukur dan sifatnya subjektif. Tapi, bukan berarti soft skill tidak bisa dilatih. Soft skill adalah kemampuan interpersonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana cara kamu bersikap, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jangan sampai dilupakan nih, Sobat Bimbel Semarang AIO. Bukan cuma hard skill, soft skill juga penting buat masa depan. Soft skill bisa sangat mendukung dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, serta pastinya di pekerjaan kelak. So, soft skill wajib apa saja sih yang harus kita miliki sejak SMA? Yuk, simak beberapa di antaranya!

Komunikasi

Soft skill wajib nomor satu yang harus dimiliki saat ini adalah komunikasi. Dimanapun kamu berada, kamu butuh untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teman, guru atau dosen, hingga rekan kerja dan bos kamu nantinya. Kedengarannya sih simple, tapi masih banyak lho yang sulit untuk menerapkan komunikasi yang baik. Hayo, siapa nih di antara Sobat Bimbel Semarang AIO yang masih suka deg-degan kalau disuruh berbicara di depan banyak orang? Yuk, dilatih biar komunikasi kamu makin baik!

Public speaking

Public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum dan merupakan soft skill yang harus dimiliki anak SMA. Bagi sebagian orang, soft skill ini merupakan hal yang tidak perlu untuk dipermasalahkan. Akan tetapi, bagi yang belum terbiasa, soft skill ini bisa dibilang termasuk yang tersulit karena melibatkan soft skill lainnya dalam mengembangkannya. Oleh karena itu, soft skill ini perlu dilatih terus menerus sejak SMA agar nantinya kamu dapat terbiasa untuk berbicara di depan umum. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti Organisasi-organisasi di SMA-mu dan aktif di dalamnya.

Critical Thinking 

Kemampuan berpikir kritis merupakan soft skill yang penting juga untuk memudahkanmu ketika berada di dunia mahasiswa atau perkuliahan nantinya. Dengan mempunyai pola pikir yang kritis, kamu akan cepat dalam menangkap materi dan memiliki analisis yang baik dalam memahami pelajaran. Cara untuk melatihnya adalah dengan sering-sering berdiskusi ilmiah dan membaca buku-buku untuk meningkatkan wawasanmu sehingga pola pikir kritis akan terbentuk dalam dirimu. Kemampuan ini juga merupakan soft skill yang harus dimiliki anak SMA pada era yang semakin kompetitif ini.

Leadership atau Kepemimpinan

Dengan memiliki kepemimpinan yang baik, itu menandakan bahwa kamu siap untuk memimpin dirimu dan orang lain ketika dewasa. Nah, untuk cara mengasahnya bisa dilakukan dengan mengikuti organisasi-organisasi di sekolahmu, dan menjadi ketua tim atau kelas di SMA-mu.

Teamwork atau Kerjasama tim

Kerjasama tim merupakan soft skill yang vital bagi kalian anak SMA jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tentunya banyak yang tahu, kalau dunia mahasiswa merupakan masa yang sibuk dengan acara-acara dan event-event, terutama bagi yang termasuk dalam kepanitiaan. Tanpa adanya kerjasama tim yang baik tentunya acara-acara tersebut menjadi berantakan dan kacau. Oleh karena itu, soft skill ini merupakan soft skill harus dimiliki anak SMA dan mulai dilatih dan diasah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi panitia pada acara-acara di SMA-mu dan mengikuti organisasi sekolah

Manajemen

Anak muda harus punya skill manajemen yang baik. Bagi yang masih suka menunda mengerjakan tugas dan keteteran dalam menentukan pembagian prioritas harus mulai belajar managing skill, ya. Kenapa? Karena kemampuan untuk merencanakan, membagi, dan mengeksekusi tugas diperlukan banget di dunia kerja nanti. Dengan demikian, pekerjaan kamu tidak akan keluar dari jadwal dan target yang sudah direncanakan.

Menulis

Kalian waktu SMA pasti sangat sering berkutat dengan tugas membuat makalah dan laporan, bukan? Nah,  ketika di dunia mahasiswa tugas-tugas tersebut akan menjadi salah satu tugas dengan komposisi terbanyak dibanding tugas-tugas lainnya, apalagi di akhir nanti kamu akan menghadapi skripsi. Tentunya soft skill ini menjadi kemampuan yang penting untuk dilatih sedari SMA agar tugas-tugas tersebut nantinya menjadi mudah untuk dikerjakan karena pada dasarnya kamu telah terlatih sejak dini. Untuk melatih soft skill ini, kamu bisa mulai menulis di blog pribadimu, atau platform-platform menulis yang bertebaran di internet.

Problem Solving

Di zaman sekarang, kamu tidak bisa jadi orang yang pasif. Sekolah, kampus, dan perusahaan mengajarkan kita untuk bisa selalu proaktif dan memberikan pendapat serta solusi terhadap sebuah masalah. Dengan terbiasa untuk mengutarakan pendapat dan menemukan masalah serta mencari solusinya, kamu akan jadi orang yang menonjol dan dicari banyak perusahaan. Jadi, jangan takut untuk mencoba memecahkan masalah dan terus pro-aktif ya!

Yuk, sobat Bimbel Semarang AIO asah soft skill mu mulai sekarang!