Les Privat Semarang : Belajar Sains yang Menyenangkan!

Les Privat Semarang : Belajar Sains yang Menyenangkan!



Halo Bun!

Kembali lagi dengan diary si kecil bersama Bimbel Semarang AIO. 

Menghabiskan waktu bersama anak-anak menjadi cara terbaik, Bun, untuk merekatkan ikatan dengan mereka. Di saat yang bersamaan, Bunda bisa menyisipkan pelajaran atau pengetahuan tertentu sambil bersenang-senang. Salah satunya adalah tentang sains.

Sudahkah Bunda mengajarkan sains yang asyik kepada Si Kecil?

Banyak dari orang tua sering merasa kesulitan untuk mengajarkan sains pada anak dengan cara yang menyenangkan. Di bawah ini, Bimbel Semarang AIO merekomendasikan beberapa kegiatan yang perlu Bunda coba bersama Si kecil.

1. Pelajaran dari pohon

Kegiatan ini akan membantu si kecil mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan alam, Bun. Bunda bisa mengajak anak berjalan-jalan, lalu mengambil beberapa daun. Kemudian, mintalah mereka melakukan hal yang sama. Setibanya di rumah, cari dedaunan di internet dan identifikasilah dari pohon mana dedaunan itu berasal. Mereka pun dapat menyimpan daun yang dikumpulkannya tersebut dalam bentuk scrapbook, seperti dikutip dari laman Firstcry.

2. Percobaan telur

Kegiatan kedua yang Bimbel Semarang AIO sarankan adalah percobaan telur. Cara ini menjadi contoh efektif, Bun, untuk menjelaskan beberapa hukum sains kepada anak-anak. Siapkan telur rebus yang sudah dikupas, botol kaca dengan lubang bundar seperti botol susu, kertas karton kecil, dan beberapa korek api.

Nyalakan korek dan bakar kertas yang sudah disediakan lalu letakkan di botol bersih. Kemudian, segera letakkan telur di atas pembuka botol, Bun. Saat kertas terbakar sendiri, vakum yang dihasilkan akan menyedot telur ke dalam botol. Kegiatan ini pun menjadi cara yang dijamin membuat anak-anak bersemangat belajar sains.

3. Rain man

Eksprerimen ini dapat menggelitik rasa ingin tahu anak-anak lho, Bun. Caranya, ambil beberapa sendok makan air dan tambahkan pewarna ke dalamnya. Semakin kaya warna, semakin menarik hasilnya Bun.

Kemudian, ambil gelas yang lebih besar dan isi air hingga dua pertiganya. Isi sisanya dengan shaving foam. Tambahkan tetesan air berwarna ke dalam air berisi shaving foam dengan menggunakan pipet. Saat busa menguap, air berwarna akan jatuh ke dalam air di bawah shaving cream layaknya hujan.

4. Letusan gunung berapi

Kegiatan sederhana ini sangat menyenangkan, Bun, karena anak-anak akan membuat letusan layaknya peritiwa erupsi gunung berapi.

Caranya siapkan pasir, pipa, cuka, dan soda kue. Lalu, ajak anak membangun gunung berapi di sekitar pipa dengan bukaan pipa di tengah. Isi tabung hingga setengah, tuang baking soda yang dicampur dengan pewarna makanan ke dalam pipa. Mintalah anak-anak menuangkan cuka ke dalam lubang erupsi Bun sehingga terlihat lava dengan warna yang berbeda-beda.

Seru banget kan, Bun? Yuk, coba belajar sains bersama dengan anak-anak di rumah!

Bunda juga bisa mempercayakan Bimbel Semarang AIO untuk mengajari Si Kecil belajar  sains lebih dalam lagi.

Untuk les SD/MI semarang, hubungi Bimbel Semarang AIO di https://wa.me/62816853042