Les Semarang | Alasan Mengapa Tugas Kamu Nggak Kelar-Kelar

Les Semarang | Alasan Mengapa Tugas Kamu Nggak Kelar-Kelar



Hai Sobat Bimbel AIO Semarang!

Sobat Bimbel AIO Semarang pasti pernah mengalami momen dimana kalian rasanya malas untuk menyentuh tugas, sementara deadline pengumpulan sudah menanti. Yang lebih parahnya lagi, Sobat Bimbel AIO Semarang mungkin belum memulai tugas itu sama sekali. 

Ya, memang nggak bisa dipungkiri bahwa procrastination alias menunda-nunda tugas nyatanya masih menjadi persoalan yang sering dialami oleh banyak orang, baik itu pelajar, mahasiswa ataupun orang yang sudah bekerja. Padahal perilaku suka menunda pekerjaan bukanlah hal yang remeh, lho. Kenapa Bimbel Semarang AIO bisa bilang begitu? Soalnya, selain menjadi kebiasaan yang buruk, menunda-nunda mengerjakan tugas bisa menghambat proses belajar dan prestasi kalian.

Nah, tentunya kalian nggak mau, dong, jadi anak muda yang nggak berprestasi? Maka dari itu, untuk meminimalisir perilaku sering menunda tugas. Yuk, cari tahu aktivitas-aktivitas apa saja, sih, yang biasanya membuat kalian terlena hingga melupakan segala tugas-tugas yang menumpuk. 

  1. Scrolling medsos. Yap! Biasanya kalian mulai tergoda untuk rebahan sambil membuka media sosial ketika rasa penat dan jenuh mengerjakan tugas mulai datang. Niatnya, sih, cuma sebentar saja buka media sosialnya. Tapi, ternyata tanpa disadari membuat kalian.
  2. Membalas chat yang masuk. Awalnya kalian hanya menanyakan tugas, mengeluhkan tugas yang tak kunjung selesai, membicarakan hal menarik, dan lain-lain. Disadari atau nggak hal itu bisa membuat kalian ingin terus menerus membalas chat, lho. Apalagi kalau lawan bicara dan percakapannya sangat menarik perhatian kalian. Bisa-bisa kamu jadi lupa waktu dan tugasmu yang harusnya sudah selesai jadi ketunda, deh. Ckckck.
  3. Beres-beres kamar. "Ah bersih-bersih kamar dulu, deh, biar nyaman". Salah satu hal yang membuat kalian lebih nyaman saat mengerjakan tugas adalah kerapihan dari ruangan yang kamu pakai, kamar misalnya. Coba bayangin kalau ruangan itu berantakan dan kotor. Diantara kalian pasti ada yang kepikiran buat beres-beres dulu, kan? Alhasil, waktu untuk mengerjakan tugas jadi ketunda, deh.
  4. Sambil makan camilan. Pernah nggak, sih, ngerasa kelaparan diselasela mengerjakan tugas? Antisipasi biar nggak laper, kalian nuganya sambil nyemil. Tapi, tanpa disadari, ternyata malah bikin tugasmu ngga kelar-kelar lho.
  5. Terlalu lama dalam mencari sumber informasi. Biasanya jawaban dari tugas yang diberikan oleh guru itu berasal dari buku, jurnal, dan internet. Tentunya mencari jawaban-jawaban tersebut nggak semudah membalikan telapak tangan, kan, gaes?  Tanpa disadari tab atau window yang kalian buka sudah sangat banyak, hingga bingung informasi mana yang hendak digunakan. Itulah kenapa, terlalu lama dalam mencari informasi juga bisa membuat kalian sering menunda tugas
  6. Memilah-milih atau membuat playlist lagu. Hayoo siapa disini sobat bimbel Semarang AIO yang suka banget dengerin lagu? Well, di antara kalian mungkin ada yang lebih semangat ditemani berbagai jenis musik saat sedang menyelesaikan tugas. Nah, buat kalian yang suka dengerin lagu, nggak jarang memilah-milih atau membuat playlist lagu yang ingin didengar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Karena terlalu asyik dengan mencari lagu dan mengurutkannya ke dalam playlist di ponsel pintar atau laptop kalian. Akhirnya tanpa disadari, kalian jadi membuang-buang waktu untuk menyelesaikan tugasnya. 

Itulah keenam aktivitas yang bisa membuat kalian menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas, Sobat Bimbel Semarang AIO.

Eitss tungu dulu! Keenam aktivitas di atas kalau sering dilakukan memang nggak baik. Tapi, bukan berarti kalian nggak boleh melakukan aktivitas tersebut, lho, ya. Kalian tetap boleh, kok, melakukannya. Hanya saja, kalian nggak boleh terlalu lama terlena hingga melupakan tugas-tugas kalian. Soalnya, kalau kalian terlalu sering menunda-nunda mengerjakan tugas. Percaya, deh, kalian akan merasa semakin malas buat menyelesaikan tugas tersebut. 

Biar nggak malas, kalian butuh partner buat membimbing cara menyelesaikan tugas-tugas. Bimbel Semarang AIO punya tentor-tentor yang berkompeten yang siap menjadi partner belajar kalian. Yuk hubungi Bimbel Semarang AIO di https://wa.me/62816853042